Senin, April 04, 2016

TOP 99 INOVASI PELAYANAN PUBLIK”’BUTUH HATI”


Tanjung Selor, Bupati Bulungan berserta Wakil Bupati Bulungan hadiri acara Simposium & Gelar Inovasi Pelayanan Publik Nasional Tahun 2016 diJatim Expo’Surabaya memberikan warna baru untuk negeri ini degan tema Melalui Inovasi Pelayanan Publik Mewujutkan Pelayanan Prima.
Dalam rangka memudahkan dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat dapat dibentuk pelayanan sistem terpadu. Sistem pelayanan terpadu pada haikatnya menyederhanakan mekanisme pelayanan sehingga kemanfaatannya benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Artinya, sistem ini diadakan bukan hanya adanya peraturan perundang-undang yang mewajibkan, terapi lebih kepada seberapa jauh sistem pelayanan terpadu tersebut dapat menghasilkan pelayanan yang lebih mudah, sederhana, cepat, murah dan tertib administrasi pelayanan.


            Undang-undang tentang pelayanan publik diamanatkan bahwa setiap penyelenggaran pelayanan publik wajub menyusun, menetapkan, dan menerapkan Serta pelayanan daerah mengikutsertakan Masyarakat dan puhak terkait. Standar pelayanan dimaksud merupakan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelengaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan. Disamping itu harus disusun Maklumat Pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat untuk melaksanakan Standar Pelayanan dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Penerapan Standar Pelayanan dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meminimalisir terjadainya penyimpangan atau penurunan kinerja dalam penyelenggaraan pelayanan.

            Masih dalam acar yang sama, Bupati Bulungan H.Sudjati mengatakan”kegiatan ini sangat baik dan keberhasilan inovasi daerah-daerah lain harus kita contoh, sesuai keadaan kondisi alam daerah Kabupaten Bulungan, guna meningkatkan pelayanan public saya berharap kita berkerja dengan hati, melayani dengan hati dan berkerja dengan hati-hati’ lanjtunya”jangan ada pelayanan publik yang terkotak-kotak, hal itu memang sulit tetapi jika kita mempunyai semangat dan kekompakan, saya yakin kesejataraan akan terwujut, Setiba kembalinya saya nanti, materi-materi ini akan kita pelajarailagi guna menyesuaian kondisi yang berada di daerah kita.

Ditambahkan Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala”kita harus duduk bersama DPRD dan instansi terkait membahas masalah peningkatan pelayanan publik hinga nantinya menciptakan inivasi-inovasi berkualitas yang dapat menyesejaterakan masyarakat kita.”lanjutnya” kita tidak lagi mengambang kemana kita harus mengarahkan SKPD-SKPD untuk studi banding diberbagai daerah diindonesia ini, karena daerah yang telah mendapatkan penghargaan oleh Mentri Pendayagunaan Apratur Negara dan Refornasi, telah diuji dan dikaji.


            Dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat sebagai akibat kebutuhan ekonomi dan tuntutan pelayanan yang lebih nyaman, Penyelenggaraan dapat menyediakan pelayanan berjenjang dengan mempertimbangkan proporsionalitas dan kebutuhan masyarakat, agar tidak menimbulkan diskriminasi dengan tetap menjunjung tinggi prinsip keadilan dan tidak mengurangi kualitas pelayanan bagi masyarakt pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERI KULIAH TAMU, GUBERNUR AJAK MAHASISWA BERINOVASI

MALANG – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di Kaltara menjad...