Selasa, Agustus 07, 2018

Konsistensinya Tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI di Daerah


TANA TIDUNG - Proyek Turap (sheet pile) yang berlokasi di Kecamatan Sesayap dan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung Provinsi Kalimantan Utara terus diperiksa Tim Bareskrim Mabes Polri dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Dugaan korupsi proyek turap (sheet pile) menjadi perhatian khusus hal ini menunjukkan konsistensinya upaya memberantas praktik korupsi di daerah, Senin,06/08/2018.



Diantaranya, proyek Turap di Kecamatan Sesayap sebesar Rp337 milliar yang dikerjakan PT. Waskita Luhribu KSO dan proyek turap atau sheet pile yang berada di Kecamatan Sesayap Hilir yang menghabiskan anggaran sebesar Rp168 milliar dikerjakan oleh PT. Dharma Perdana Muda. Dalam penyelidikan dugaan korupsi proyek milliaran rupiah ini juga dihadiri oleh pejabat setempat dan termasuk kontraktor pelaksananya.

Dari pantauan di lapangan, Tim sebanyak 15 orang yang terdiri  6 orang dari KPK, 4 orang dari Mabes Polri dan 5 orang lagi dari tim ahli melakukan penyelidikan di dua lokasi berbeda. Proyek turap yang menelan biaya sebesar Rp505 miliar melalui Anggaran Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tana Tidung.

Saat dikonfirmasi, AKP Lolang/Penyidik Tipikor Bareskrim Mabes Polri,mengatakan ,”Tim gabungan ini turun ke lapangan untuk mengumpulkan data tambahan. Nantinya dimasukan ke Berkas Acara Penyidikan (BAP) atas dugaan Tipikor dalam pembangunan kedua sheet pile tersebut.

“Ini masih tahap pemeriksaan. Belum tahu sampai kapan kita berada di sini, yang jelas, hasil dari pendalaman yang kami lakukan ini nantinya akan kami bawa ke Jakarta untuk melengkapi berkas penyelidikan yang selama ini telah kami lakukan,” Ungkap Lolang di Sesayap Hilir.

Jelasnya,”Selain turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan kontruksi bangunan sheet pile, sejauh ini pihak penyidik Bareskrim Mabes Polri juga telah memeriksa beberapa saksi. Termasuk terhadap saksi ahli yang sudah dimintai keterangan. “Kami datang ke KTT ini membawa tim ahli. Mereka yang melakukan pengecekan terhadap kontruksi sheet pile yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Perhubungan (Dishub) KTT ini," imbuhnya.
Untuk sementara, Lolang menegaskan, pihaknya belum bisa memaparkan secara keseluruhan hasil pemeriksaan ini, karena masih dalam tahap pendalaman sangkaan penyimpangan atas proyek tersebut.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERI KULIAH TAMU, GUBERNUR AJAK MAHASISWA BERINOVASI

MALANG – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan, pengembangan sumberdaya manusia (SDM) di Kaltara menjad...